Referensi
Hubungan Kecerdasan Emosional dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Pada Murid SDN 3 Kasipute Kabupaten Bombana.
Penelitian ini bertempat di SDN 3 Kasipute Kabupaten Bombana dengan jumlah populasi 50 orang murid dan sampel penelitian diambil seluruh jumlah populasi untuk dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data digunakan angket dan dokumentasi, kemudian diolah dan dianaliis secara statistik dan inferensial yang selanjutnya dilakukan interpretasi data kemudian disimpulkan. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1). Kecerdasan emosional murid Di SDN 3 Kasipute pada umumnya termasuk dalam kategori tinggi (76,00%). sedangkan indikator kecerdasan emosionalyang paling menonjol dari kelima indikator lainnya adalah kemampuan murid mengenali emosi orang lain (empati) sebesar 74,46%. 2)prestasi belajar murid pada pelajaran PAI di SDN 3 Kasipute memiliki nilai rata-rata 76,10 dan secarah umum prestasi belajar murid termasuk dalam kategori tinggisebesar 66%. 3).Terdapat hubungan yang positif dan signifikan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar murid pada pelajaran PAI di SDN 3 Kasipute,hal ini didasari pada hasil analisis inferensial dan pengujian hipotesis, dimana diperoleh data bahwa: nilai t hitung =3,994 > nilai t tabel = 2,021 pada taraf signifikansi a=5%, yang artinya bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak. maka hipotesis alternatif (H1)yang diterima, berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar PAI di SDN 3 Kasipute Kabupaten Bombana. sedangkan besarnya hubungan variabel kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar murid memberikan kontribusi sebesar 15,46% yang diperoleh melalui perhitungan koefisien determinasi dan selebihnya disebabkan olkeh faktor lain.
Tidak tersedia versi lain