Referensi
Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas ll Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada SDN 15 Mandonga Kota Kendari
Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) penelitian ini dilaksanakan di Kelas ll pada SDN 15 Mandonga KOta Kendari, semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa, serta tes formatif siswa. prosedur penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan terdiri 2 siklus, setiap siklus dilakukan dengan prosedur sebagai berikut: (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, Observasi dan evaluasi, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pendiidkan agama Islam siswa kelas ll SDN 15 Mandonga dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif picture and picture. hal ini dapat dilihat pada rata-rata hasil belajar disetiap siklusnya yang mengalami peningkatan yaitu siklus 1, hasil belajar siswa sebanyak 9 siswa memperoleh nilai >65 dengan persentase 45%. dari hasil tes tindakan siklus ll, setelah penggunaan model pembelajaran picture and picture, diperoleh hasil belajar siswa yaitu sebanyak 18 siswa yang memperoleh niali >65 dengan persentase 90,00% atau mengalami peningkatan sebesar 45% dengan indikator kerja sebesar 75% sehingga ketuntasan belajar tercapai. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran koooperatif picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agma Islam pada murid SDN 15 Mandonga Kota Kendari. ...
Tidak tersedia versi lain