Referensi
Hubungan Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Di SMPN 2 Uepai Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe.
Obyek penelitian ini adalah siswa SMPN 2 Uepai, populasi dalam penelitian ini adalah 122 orang siswa pada kelas VII tahun ajaran 2011/2012 dan sampel penelitian berjumlah 55 orang dengan penarikan sampel 10% dari populasi dengan tekhnik random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel X: Disiplin Belajar, Variabel Y:Prestasi belajar Pendidikan agama Islam siswa. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara quesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik analisis deskriptif, yang dituangkan dalam bentuk tabel distribusi frekwensi (persentase), dan analisis inferensial untuk pengujian hipotesis penelitian yaitu analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Disiplin belajar siswa SMPN 2 Uepai kecamatan Uepai Kab. Konawe berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat diketahui nilai yang diperoleh 28.52 atau 86% dari 55 respondentermasuk dalam kategori interval sangat baik. nilai rata-rata prestasi belajar PAI siswa responden sebanyak 55 orang siswa SMPN 2 Uepai sebesar 72.90 tergolong tinggi dengan persentasenya 61.82%.Berdasarkan hasil analisis data disiplin belajar mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar siswaSMPN 2 Uepai diperoleh r hitung lebih besar dari t tabel (0,089 > 1,671) pada taraf signifikan 0,05% terdapat korelasi positif (searah) antara Variabel X dan Variabel Y. hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar PAI siswa SMPN 2 Uepai Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe.
Tidak tersedia versi lain