Referensi
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV.a Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Make a Match di SDN 5 Langara Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) [pada siswa kelas lV a dengan jumlah 22 0rang siswa dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran PAI, dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan,pengamatan,dan refleksi secara berulang selama 2 siklus. Cara pengambilan data yaitu data hasil belajar diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan dan data pelaksanaan pembelajaran diperoleh dari hasil pengamatan kolaborasi selama pelaksanaan tindakan tiap siklus dengan menggunakan instrument observasi kegiatan guru dan siswa pada saat KBM.Dengan indikator kinerja setiap siswa ditetapkan bahwa jika 80% setiap siswa telah mencapai nilai 75, indikator kinerja lelompok adalah rata-rata 80% telah melaksanakan indikatoryang diobservasi dalam lembar observasi kegiatan siswa selama proses kerja kelompok, dan indikator proses pembelajaran ditetapkan jika kegiatan proses pembelajaran yang disajikan oleh guru mencapai kategori baik atau 80% telah melaksanakan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Berdasarkan hasil penelitian bahwa melalui penerapan pembelajaran make amatch di kelas lV a di SDN 5 Langara tahun Pelajaran 2011/2012, bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu nilai awal siswa mencapai hanya 22,73%, setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 mengalami peningkatan yaitu 59.09% akan tetapi belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80%, Maka dilanjutkan pada siklus ll, siswa memperoleh nilai ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 86.36%, dengan perolehan persentase tersebut maka tindakan cukup sampai pada siklus ll karena tindakan sudah berhasil mencapai indikator yang telah ditetapkan yaitu 80%.
Tidak tersedia versi lain