Referensi
Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Kuliah Retorika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpidato Mahasiswa Dakwah.
Tujuan Penelitian:a. Secara umum untuk merekonstruksi metode pembelajaran pada mata kuliah retorika, b.secara khusus Untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam berbicara (berpidato) di depan teman-temannya maupun masyarakat. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan berpidato mahasiswa pada mata kuliah retorika. Rata-rata aktifitas mahasiswa pada siklus 1 pertemuan pertama dan kedua mengalami peningkatan yaitu sebesar 1,5 berkategori kurang baik pada pertemuan pertama, sedangkan pada pertemuan kedua rata-rata 3,59 berkategori baik.Hasil peningkatan kemampuan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: pada pertemuan pertama mahasiswa belum dapat menyesuaikan diri dengan metode demonstrasi yang diterapkan sehingga kemampuan mereka berada pada rata-rata 1,5 yang berkategori tidak baik atau kurang baik. pada pertemuam kedua setelah mengalami refleksi kemampuan mahasiswa telah mengalami kemampuan yang signifikan dengan nilai rata-rata 3,59 yang kategori cukup baik. Faktor lain Penyebab terjadinya peningkatan kemampuan mahasiswa adalah kemampuan dosen dalam menerapkan metode demonstrasi sehingga sangat antusias menerima pembelajaran, demikian pula dengan sarana pendukung yang cukup memadai dalam mendemonstrasikan kemampuan mahasiswa berpidato.
Tidak tersedia versi lain