Referensi
Pengaruh Bimbingan Belajar Di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Prndidikan Agama Islam Murid SDN 2 Nario Indah Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan tekhnik pengambilan data melalui tekhnik stratified sampling pada satu kelas yakni kelas lV bertjumlah 12 orang siswa,Kelas V berjumlah 9 orang siswa dan kelas Vl berjumlah 15 orang siswa. sehingga keseluruhan sampel berjumlah 36 orang,Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Quisioner yang verisi daftar pertanyaan mengenai ligkungan belajar siswa. Untuk melengkapi validitas data,penulis juga melakukan wawnancara dengan beberapa informan baik dari guru dan orang tua,dan melakukan pengamatan lansung mengenai lingkungan belajar siswa serta pengumpulan sumber-sumber dokumen yang relevan.Quisioner diolah dengan menggunakan rumus regresi sederhana dan koefisien determinasi.Berdasarkan analisis hasil perhitungan melalui rumus regresi sederhana ditemukan harga a=73,57 dan harga b=6,391 dengan demikian besarnya X = 37 akan mempengaruhi Y sebesar = 79,961. hal ini berarti bila bimbingan belajar di rumah ditingkatkan,maka hasil belajar pendidikan agama Islam akan leb8ih baik lagi. adapun pengaruh bimbingan belajar di rumah terhadap prestasi pendidikan agma Islam di SDN 2 Nario Indah melalui rumus koefisien dterminasi ditemukan hasil 20.39% yang dikategorikan sedang. hal ini berarti varian yang terjadi pada variabel prestasi belajar pendidikan agama Islam adalah 79,961% ditentukan oleh varian yang tidak terdapat dalam penelitian. jadi dapat dikatakan bahwa pengaruh bimbingan belajar di rumah terhadap prestasi belajar pendidikan agma Islam sebesar 20,39% dan sisanya 79.961%, ditentukan oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain