Referensi
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMAN 1 Uepai Kec.Uepai Kabupaten Konawe
Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap prest6asi belajar siswa di kelas X SMAN 1 Uepai Kec.Uepai Kabupaten Konawe, yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh positif dalam penerapan model pembelajaran kooperatif terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Uepai Kec.Uepai Kab. Konawe. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa guru agama Islam menggunakan model pembelajaran kooperatif. hal ini dapat dilihat dari hasi tabulasi angket yang menghasilkan nilai rata-rata 1721, tentunya penggunaan metode mengajar tersebut disesuaikan dengan materi yangv akan disajikan.adapun prestasi belajar yang diperoleh siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam kelas X SMAN 1 Uepai adalah baik,sesuai dengan hasil tabulasi angket 1721.begitupun pengaruh positif model pembelajaran kooperatif terhadap prestasi belajar siswa berada pada kategori kuat,hal tersebut berdasarkan hasil analisis regresi sederhana dengan besarnya harga b dan a mempengaruhi Y sebesar 79,1. Selanjutnya dilakukan dengan menguji pengaruh antara model pembelajaran kooperatif (X) dengan prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam dengan menggunakan product moment (person) dan mendapatkan hasil nilai r hitung > r tableatau 0,77 > 0,294. dan t table = 1,684. ternyata t Table lebih besar dari t hitung atau 7,88 > 1.684. maka Hi diterima Ho ditolak artinya ada pengaruh positif antara model pembelajaran kooperatif terhadap prestasi belajar Penddiikan agama Islam pada siswa kelas X di SMAN 1 Uepai Kec. Uepai Kab. Konawe.
Tidak tersedia versi lain